Kamis, 21 November 2013

Tectona Grandis


Jati adalah sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi. Pohon besar, berbatang lurus, dapat tumbuh mencapai tinggi 30-40 m. Berdaun besar, yang luruh di musim kemarau.
Jati dikenal dunia dengan nama teak (bahasa Inggris). Nama ini berasal dari kata thekku dalam bahasa Malayalam, bahasa di negara bagian Kerala di India selatan. Nama ilmiah jati adalah Tectona grandis.
Jati dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan 1 500 – 2 000 mm/tahun dan suhu 27 – 36 °C baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tempat yang paling baik untuk pertumbuhan jati adalah tanah dengan pH 4.5 – 7 dan tidak dibanjiri dengan air. Jati memiliki daun berbentuk elips yang lebar dan dapat mencapai 30 – 60 cm saat dewasa.
Kayu jati tua adalah pilihan terbaik untuk bahan furniture. Karena pertumbuhanya yang lambat, serat kayunya padat dan memiliki nilai seni tinggi. Seiring dengan perkembangan zaman, kayu jati terbaik dengan ukuran besar sudah sangat langka. Oleh karena itu kayu jati tua dengan ukuran besar banyak diburu oleh para kolektor barang antik karena alasan mutu, seni, langka, dan nilai nilai historis yang melekat padanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar